Road Show Cegah Kanker, Ketua YKI Sumut dan Langkat Sepakat Deteksi Kanker Sejak Dini

Road Show Cegah Kanker, Ketua YKI Sumut dan Langkat Sepakat Deteksi Kanker Sejak Dini

topmetro.news – Ketua Yayasan Kanker Indonesia Sumatera Utara (YKI Sumut) Hj. Nawal Edy Rahmayadi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Langkat untuk melaksanakan Road Show cegah kanker di Sumatera Utara.

Kunjungan itu Ketua YKI Langkat Endang Kurniasih Syah Afandin berserta jajaran terima di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat Stabat, Rabu (24/5/2023).

Endang menjelaskan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) sebagai organisasi non profit menangani bidang kesehatan mengemban visi dan misi dengan tugas utama membantu pemerintah dalam penanggulangan masalah kanker di Indonesia.

Sebab, lanjut Endang, penanggulangan kanker adalah masalah yang sangat kompleks. Untuk mengatasinya bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau Kementerian Kesehatan saja.

“Tetapi kanker adalah masalah kita semua. Kanker akan dapat diatasi segera apabila lebih awal diketahui gejalanya. Sebab bila sudah berlanjut semakin sulit di obati dan dapat menyebabkan kematian,” paparnya.

Sementara itu, Ketua YKI Sumut Hj.Nawal menerangkan bahwa kanker adalah sel dalam tubuh yang tumbuh tidak normal. “Sebenarnya kanker itu dapat di obati, namun banyak masyarakat yang tidak tahu karena kurangnya sosialisasi ke masyarakat,” ujarnya.

Nawal berharap, semua pihak maupun Kader PKK selalu menjadi corong buat menyampaikan kepada masyarakat. Terutama kepada ibu-ibu yang ada di Langkat tentang penyakit kanker.

“Penyakit kanker harus ditangani dengan serius dan diobati secara medis,” tegasnya.

Menurut Nawal, selain pola hidup sehat, upaya deteksi dini terhadap penyakit kanker melalui pemeriksaan kesehatan secara rutin, juga berperan penting mengurangi risiko terserang kanker.

“Jadi dengan Gerakan PHBS dan pemeriksaan kesehatan secara rutin, akan mengurangi tingkat kematian akibat kanker. Karena pengobatan dan pencegahan telah dlakukan sedini mungkin,” ujarnya.

Turut hadir Sekretaris YKI Sumut Siti Zahara Nasution, Kadis Kesehatan Langkat dr. Juliana, DWP dan PKK Langkat dan para Kepala Puskesmas se-Langkat.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment